A. Latar Belakang
Sistem pendidikan di Indonesia , baik pendidikan formal maupun non formal telah berkembang dengan sedemikian pesatnya. Hal ini membuktikan adanya pertumbuhan dan perkembangan yang menggembirakan pada hasil-hasil program pembangunan pendidikan selama tahun-tahun sebelumnya. Lebih-lebih dalam beberapa tahun yang lalu telah diberlakukan program pendidikan dasar Sembilan tahun, adalah suatu tanda peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia ditambah dengan peningkatan mutu lulusan siswa melalui Ujian Nasional. Jadi dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Sistem Pendidikan Nasional telah tumbuh dan berkembang sesuai dengan harapan-harapan dari para pencipta kebijakan di bidang pendidikan untuk menjawab masalah-masalah pemerataan, peningkatan mutu, efisiensi, dan kesesuaian pendidikan dengan kebutuhan bangsa dan masyarakat luas.
Sebagai akibat proses pembangunan, pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan dasar sebagian besar telah dapat dinikmati oleh warga masyarakat. Sementara itu, motifasi para lulusan SMP/MTs atau Kejar Paket B akan pendidikan lanjutan juga semakin meningkat. Untuk itu, perlu pengadaan dan atau penambahan lembaga pendidikan formal yang baru di berbagai daerah guna menampung lulusan SMP/MTs atau Kejar Paket B yang belum tertampung, sebagai akibat jauhnya jarak lembaga pendidikan yang ada yang berekses mahalnya ongkos pergi ke sekolah. Apalagi dengan adanya kebijakan pemerintah di sektor deregulasi dan debirokratisasi selama ini yang telah menciptakan eksistensi yang kokoh dan mantap bagi peran dunia usaha yang semestinya diisi oleh lulusan sekolah-sekolah kejuruan yang berkompeten.
Oleh karena itu, merupakan peluang yang strategis bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan yang telah dibekali ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang siap pakai guna terjun di lapangan pekerjaan, baik di lingkungan pemerintahan maupun di luar pemerintahan dengan berbasiskan tuntunan agama dan berakhlakul karimah, seperti dunia farmasi serta teknik informatika dan komputer, yang akhir-akhir ini terus ditumbuhkembangkan dalam rangka meningkatkan kesehatan rakyat, teknologi, dan perolehan devisa negara dari sektor non migas.
Sejalan dengan latar belakang pengembangan pendidikan tersebut, maka Yayasan Islam Amirul Mu’minin bermaksud mendirikan dan/atau membuka "SMK Amirul Mu'minin"
B. Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan didirikan dan dibukanya
SMK Amirul Mu'minin ini antara lain adalah sebagai berikut :
1. Mendidik siswa agar menjadi manusia islami yang berakhlakul karimah seutuhnya berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits serta Pancasila dan UUD 1994, sehingga mampu membangun dirinya sendiri dan ikut bertanggung jawab terhadap pembangunan bangsa dan negara.
2. Memberikan bekal kemampuan kerja yang layak kerja kepada para siswa sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan persyaratan yang dituntut oleh dunia industri dan dunia kerja.
3. Memberikan bekal kepada siswa guna mengembangkan agar tamatannya dapat memperdalam dan/atau mengembangkan ketrampilan kejuruannya maupun melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan pengembangan keahlian kejuruannya.
4. Menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan saat ini maupun pada masa yang akan datang.
5. Menyiapkan para ulusan agar menjadi warga negara yang baik, beragama, berakhlakul karimah, produktif, dan adaptif serta penuh kreatif.
C. Visi dan Misi
Dalam konteks demikian, maka SMK Amirul Mu'minin memformulasikan keberadaannya dalam Visinya, “Terbentuknya institusi dan insan yang memiliki keunggulan akademik, kompetitif, profesional, mandiri, dan berbudi luhur yang dapat mengimplementasikan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan masyarakat dan bangsa”.
Adapun Misi SMK Amirul Mu'minin adalah :
1. Transformasi ajaran Islam melalui prinsip berilmu amaliah, beramal ilmiah dan pengabdian dalam kehidupan beragama, bermasyarakat, dan berbangsa.
2. Menggali ilmu-ilmu agama Islam untuk pengembangan keilmuan dan pemberdayaan masyarakat yang Islami.
3. Menyelenggarakan institusi dan menyiapkan tenaga ahli yang memiliki keunggulan akademik, kompetitif, profesional, mandiri, dan berbudi luhur yang dapat mengimplementasikan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan masyarakat dan bangsa.
D. Potensi Pendukung
Beberapa alternatif pendukung didirikan dan dibukanya SMK Amirul Mu'minin ini antara lain sebagai berikut :
1. Pertumbuhan dan perkembangan perekonomian di Kabupaten Cilacap demikian pesatnya, sehingga Cilacap dikategorikan sebagai salah satu Kota Industri dan Perdagangan yang di masa-masa mendatang akan mampu menciptakan iklim investasi yang menguntungkan. Hal ini merupakan lingkungan yang kondusif untuk lembaga pendidikan formal kejuruan di bidang ekonomi, sehingga sangat tepat kiranya dengan didirikan dan dibukanya
SMK Amirul Mu'minin .
2. Kurangnya sekolah menengah kejuruan baik negeri maupun swasta di Kecamatan Sidareja yang menyentuh sektor komputer, sehingga banyak lulusan SMP/MTs yang harus keluar dari wilayah Kecamatan Sidareja atau ke sekolah-sekolah kejuruan yang mungkin kurang pas dalam menampung minat dan bakatnya.
3. Adanya dukungan dari berbagai instansi terkait antara lain dari Pemerintah Daerah Kecamatan Sidareja, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kecamatan Sidareja, Lembaga Pendidikan SMP/MTs, dunia usaha, maupun warga masyarakat Kecamatan Sidareja terhadap didirikan dan dibukanya SMK Amirul Mu'minin. Semua itu merupakan aset daerah yang amat menentukan.
E. Waktu dan Tempat
Didirikan dan dibukanya SMK Amirul Mu'minin ini direncanakan untuk dimulai Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan spesialisasi Bidang Keahlian Teknik Informatika dan Komputer untuk Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Pada tahun pertama pendirian SMK Amirul Mu'minin diharapkan dapat menampung empat kelas atau sejumlah seratus enam puluh siswa.
Pemberian materi pendidikan dan pelatihan dilaksanakan setiap hari kecuali hari Minggu, dengan ketentuan mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 14.30 WIB. Sedang tempat berlangsungnya proses kegiatan belajar mengajar adalah Gedung milik Yayasan Islam Amirul Mu'minin yang beralamat di Jl. Bima Warureja No. 27 Desa Margasari Kecamatan Sidareja Kabupaten Cilacap Propinsi Jawa Tengah Kode Pos 53261.
F. Tujuan
Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan ini bertujuan memberikan kemampuan kepada tamatan untuk menjadi tenaga kerja layak kerja tingkat menengah sebagai seorang ahli di bidang teknik komputer dan jaringan, yang mampu melaksanakan tugas-tugas seorang yang ahli di bidang tersebut secara profesional.
Spesialisasi program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan ini, nilai kompetitifnya dapat ditinjau melalui tolak ukur :
1. Jabatan
Jabatan yang dapat dimasuki oleh lulusan SMK Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan ini, antara lain :
a. Teknisi komputer.
b. Teknisi Jaringan informatika dan internet.
c. Perancang hardward dan softward komputer.
d. Perancang system pengaman jaringan internet.
e. Perakit komputer.
f. Juru servis komputer dan jaringan internet.
g. Pelaksana teknis computer di perkantoran.
h. Pelaksana teknis di lembaga-lembaga informatika.
i. Membuka usaha sendiri di bidang komputer dan jaringan internet.
2. Kemampuan Lulusan
Setelah menyelesaikan pendidikannya, lulusan SMK Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan, akan mampu :
a. Merakit komputer.
b. Melakukan pemrograman softward komputer.
c. Melakukan pemrograman jaringan internet.
d. Membuat jaringan-jaringan pengaman internet.
e. Mengoperasikan seluruh program komputer dan internet.
f. Mengoperasikan kebutuhan-kebutuhan perkantoran baik milik pemerintah ataupun swasta mulai dari pengetikan sampai pengolahan data perkantoran.
g. Mengelola usaha sendiri di bidang komputer dan jaringan internet.
h. Memegang teguh kode etik informatika dan jaringan.
G. Susunan Kurikulum
Komponen
|
KELAS / SEMESTER
|
||||||
Kls. X
|
Kls. XI
|
Kls. XII
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||
1. PROGRAM
NORMATIF
|
|||||||
1
|
Pendidikan Agama Islam
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
4
|
Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
5
|
Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
2
|
-
|
-
|
2. PROGRAM
ADAPTIF
|
|||||||
6
|
Matematika
|
5
|
5
|
7
|
5
|
5
|
7
|
7
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
8
|
Fisika
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
9
|
Kimia
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
Bahasa Inggris
|
5
|
4
|
6
|
6
|
5
|
7
|
11
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
2
|
2
|
2
|
2
|
-
|
-
|
12
|
Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
13
|
Kewirausahaan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3. PROGRAM
PRODUKTIF
|
|||||||
3.1. Dasar Kompetensi
Kejuruan
|
|||||||
14
|
Merakit Personal Komputer
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
15
|
Melakukan Instalasi Sistem Operasi Dasar
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
16
|
Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja &
Lingkungan Hidup (K3LH)
|
2
|
-
|
2
|
-
|
-
|
-
|
3.2. Kompetensi
Kejuruan
|
|||||||
17
|
Menerapkan Teknik Elektronika Analog & Digital
Dasar
|
3
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
18
|
Menerapkan Fungsi Peripheral & Instalasi PC
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
19
|
Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC &
Peripheral
|
-
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
20
|
Melakukan Perbaikan &/atau Setting Ulang Sistem
PC
|
-
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
21
|
Melakukan Perbaikan Peripheral
|
-
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
22
|
Melakukan Perawatan PC
|
-
|
-
|
-
|
2
|
-
|
-
|
23
|
Melakukan Instalasi Sistem Operasi Berbasis
Graphical User Interface (GUI) & Command Line Interface (CLI)
|
-
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
24
|
Melakukan Instalasi Software
|
-
|
-
|
3
|
-
|
-
|
-
|
25
|
Melakukan Instalasi Perangkat Jaringan Lokal (Local
Area Network)
|
-
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
26
|
Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC yang
tersambung Jaringan
|
-
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
27
|
Melakukan Perbaikan &/atau Setting Ulang Koneksi
Jaringan
|
-
|
-
|
3
|
-
|
-
|
-
|
28
|
Melakukan Instalasi Sistem Operasi Berbasis
Graphical User Interface (GUI) & teks
|
-
|
-
|
3
|
-
|
-
|
-
|
29
|
Melakukan Instalasi Perangkat Jaringan Berbasis Luas
(Wide Area Network)
|
-
|
-
|
-
|
3
|
-
|
-
|
30
|
Mendiagnosis Permasalahan Perangkat yg tersambung
Jaringan Berbasis Luas (Wide Are network)
|
-
|
-
|
-
|
2
|
-
|
-
|
31
|
Membuat Desain Sistem Keamanan Jaringan
|
-
|
-
|
-
|
4
|
-
|
-
|
32
|
Melakukan Perbaikan &/atau Setting Ulang Koneksi
Jaringan Berbasis Luas (Wide Area Network)
|
-
|
-
|
-
|
3
|
-
|
-
|
33
|
Mengadministrasi Server dalam Jaringan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4
|
-
|
34
|
Merancang Bangunan & Menganalisa Wide Area
Network
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4
|
-
|
35
|
Merancang Web Data Base untuk Content Server
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4
|
-
|
4. MUATAN
LOKAL
|
|||||||
36
|
Linux
|
1
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
37
|
Desain Graphis
|
-
|
-
|
1
|
1
|
-
|
-
|
38
|
Animasi
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
1
|
39
|
Bahasa Daerah
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
40
|
Tahfidzul Qur'an wa al-Hadits
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
41
|
Al-Qur'an dan Hadits
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
42
|
Fiqh
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
43
|
Sejarah Kebudayaan Islam
|
1
|
1
|
1
|
-
|
-
|
-
|
44
|
Bahasa Arab
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
45
|
KeNUan (Aswaja)
|
1
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
5. PENGEMBANGAN
DIRI
|
|||||||
46
|
BP/BK dan Aqidah Akhlak
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
6. PENDALAMAN
MATERI UN
|
|||||||
47
|
PKn
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
2
|
48
|
Bahasa Indonesia
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
2
|
49
|
Bahasa Inggris
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
2
|
50
|
Matematika
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
2
|
51
|
Produktif Bpk Nuryadin
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
2
|
52
|
Produktif Bpk Hendri
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
2
|
53
|
Produktif Bpk Sugiri
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
2
|
55
|
55
|
55
|
55
|
55
|
55
|
Keterangan :
1. Waktu pembelajaran efektif pertahun untuk kelas X dan XI dan untuk kelas XII minimal 36 minggu, jam pembelajaran per minggu maksimal 55 jam @. 45 menit
2. Jam pembelajaran adalah alokasi waktu untuk pelaksanaan proses belajar mengajar termasuk evaluasi sumatif. Evaluasi sumatif yang dimaksud adalah tes untuk satu atau beberapa pokok bahasan dalam program normatif dan adaptif, dan tes untuk setiap pencapaian suatu kompetensi tertentu dalam program produktif.
3. Pelaporan administrasi dan akademik kemajuan program pendidikan dan pelatihan dilakukan setiap semester atau minimal 2 kali setiap tahun pembelajaran.
4. Alokasi waktu pembelajaran praktek dalam program produktif minimal 70 %.
5. Pengaturan waktu pembelajaran dalam bentuk jadwal mingguan dalam satu tahun dilakukan oleh masing-masing sekolah dengan memperhatikan :
a. Keutuhan dan ketuntasan penguasaan kompetensi
b. Kesinambungan proses pembelajaran.
c. Efisiensi penggunaan sumber daya pendidikan
6. Paket keahilian produktif dilaksanakan di perkantoran atau sebagian kecil saja di sekolah.
7. Waktu praktek kerja diatur sebagai berikut.
a. Minimal 4 bulan kerja mengikuti minggu dan jam kerja tempat praktek.
b. Boleh lebih 4 bulan kerja jika kegiatan bekerja di tempat praktek memberi nilai tambah yang lebih tinggi bagi tempat praktek maupun bagi siswa.
c. Kegiatan di tempat praktek dapat dimulai dari kelas X dengan catatan tempat kerja yang bersangkutan mampu memberi ketrampilan dasar dan sebaiknya tidak langsung bekerja di lini penting/utama.